Pages

Senin, 11 Januari 2016

Kepulauan Raja Ampat

Raja Ampat adalah tempat wisata di Papua yang telah mendunia. Ketenaran Raja Ampat sebagai salah satu destinasi perjalanan paling menarik telah didokumentasikan dalam film dokumenter yang berjudul “Edis Paradise 3″ dengan pemutaran perdananya di Swiss. Film dokumenter yang dibuat oleh Avant Premiere ini mengangkat keindahan alam bawah laut Raja Ampat di Papua yang disebut sebagai Amazon Lautan Dunia. Julukan ini disandang karena posisi Raja Ampat tersebut berada di pusat segitiga karang dunia. Raja Ampat yang termasuk dalam teritorial Papua Barat ini adalah gugusan pulau dengan 610 pulau yang tersebar, tetapi baru hanya 35 pulau yang ditempati oleh penduduk. Perlu diketahui bahwa 75% spesies ikan di dunia ini berada di perairan Raja Ampat. Lautan di Raja Ampat adalah ekosistem alam yang masih terjaga kelesetariannya hingga kini.


TRANSPORTASI

Perjalanan ke Raja Ampat umumnya menggunakan jalur udara dengan tujuan Bandara Domine Eduard Sorong.

Wisatawan Domestik
  1. Dapat menggunakan rute penerbangan dari daerah masing-masing.
  2. Arahkan tujuan anda ke Bandara Domine Eduard, Sorong.
  3. Setelah sampai di Bandara Domine Eduard, selanjutnya adalah mencari kendaraan umum (biasanya berupa Taxi) untuk pergi ke pelabuhan feri.
  4. Setelah sampai pelabuhan anda bisa menyewa jasa transportasi kapal feri yang akan anda gunakan menuju pulau-pulau di raja ampat.

Wisatawan Mancanegara
  1. Dapat menggunakan rute penerbangan dari negara asal.
  2. Arahkan tujuan anda ke Jakarta, Makassar, ataupun Manado untuk transit terlebih dahulu karena tidak ada penerbangan internasional yang langsung menuju kepulauan Raja Ampat.
  3. Setelah sampai di kota transit, selanjutnya adalah meneruskan penerbangan ke Bandara Domine Eduard,Sorong
  4. Setelah sampai di Bandara Domine Eduard, selanjutnya adalah mencari kendaraan umum (biasanya berupa Taxi) untuk pergi ke pelabuhan feri.
  5. Setelah sampai pelabuhan anda bisa menyewa jasa transportasi kapal feri yang akan anda gunakan menuju pulau-pulau di raja ampat.


OBJEK WISATA

Diving dan Snorkeling adalah salah satu kegiatan wisata Raja Ampat yang paling terkenal. Namun, Anda harus tahu bahwa tempat wisata di Papua ini juga memiliki  hutan yang lebat, gugusan batu kapur yang berwarna-warni, aneka spesies tumbuhan langka, serta sarang penyu di tepi pantai.
Sebagian wisatawan akan berselancar di Raja Ampat karena tempat wisata ini memiliki ombak laut yang cukup menantang. Beberapa pulau di Raja Ampat yang paling sering dikunjungi adalah Pulau Wayag, Pulau Waiwo, Pulau Karang, Kepulauan Gam, dan Pulau Arborek.

0 komentar:

Posting Komentar