Pages

Selasa, 05 Januari 2016

Contoh Pidato yang bersifat Persuasif

BERJALAN KAKI, GRATIS dan SEHAT LAGI
Selamat pagi teman-teman sekalian. Pertama-tama, marilah kita panjatkan puji dan syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa karena berkat rahmat –Nya kita diberikan kesehatan hingga sekarang. Ibu Lisna yang terhormat serta teman- teman sekalian, saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya karena Anda semua mau memberi saya kesempatan dan juga waktu untuk mendengarkan pidato saya. Baiklah, supaya tidak berlama-lama lagi, pidato saya pada hari yang cerah ini adalah “Tubuh sehat dan Bugar dengan Jalan Kaki”. Dari topik tersebut, saya ambil judul yaitu “Berjalan Kaki, Gratis dan Sehat Lagi”.

Seperti yang kita ketahui, sekarang ini semua orang seperti “tidak punya kaki”. Apa kalian mengerti maksud saya? Kalau kalian masih belum mengerti, coba nanti sore jam 6-an kalian keluar dari rumah dan duduk di teras rumah kalian. Pasti semua orang selalu menggunakan motor mereka. Baik untuk jalan-jalan sore, membeli makanan, dan lain-lain, walaupun jaraknya tidak terlalu jauh. Teman-teman sekalian, kita sudah belajar tentang pembakaran sempurna dan pembakaran tidak sempurna kan? Kimia, kimia? Kita mengetahui bahwa kendaraan bermotor itu mengeluarkan CO (Karbon Monoksida). CO itu merupakan pembakaran tidak sempurna. Dan kita tahu juga kalau disamping zat CFC yang dapat melubangi ozon, zat CO juga berperan dalam melubangi ozon. Nah, ayo teman-teman… Mari kita mengurangi CO dengan tidak menggunakan motor. Jika kita ingin pergi ke sekolah, membeli makanan dan lain-lain yang jaraknya tidak terlalu jauh, mengapa kita tidak berjalan kaki saja? Berjalan kaki itu tidak terlalu buruk loh !!! Malahan, banyak manfaatnya.

Manfaat yang pertama yaitu bisa mempercepat proses diet. Nah, jadi bagi para remaja yang agak-agak gemuk jika berjalan kaki minimal setengah jam saja perhari entah itu mau pergi kemana saja maka Anda bisa mendapatkan bobot tubuh yang diidam-idamkan. Manfaat lain di bidang kesehatan yaitu dapat memperbaiki tekanan darah, kolesterol, mengendalikan diabetes, menurunkan resiko serangan jantung dan stroke, mencegah penyakit osteoporosis, impotensi, sembelit, dan berbagai masalah kesehatan lainnya. Dan yang paling penting berjalan kaki itu baik untuk otak. Dalam studi tentang jalan kaki ditemukan orang yang berjalan 1.5 jam per minggu memiliki fungsi kerja organ kepala yang lebih baik daripada mereka yang berkendara. Manfaat yang lainnya yaitu dapat mengurangi polusi udara.

Nah, kita semua sudah tahu kan betapa banyaknya manfaat berjalan kaki. Jadi, ayo kita berjalan kaki untuk mendapatkan semua manfaat itu. Karena berjalan kaki itu Gratis, Sehat lagi.

Baiklah teman-teman saya yang saya senangi. Demikianlah pidato saya pada hari ini, saya mengerti bahwa nobody’s perfect jadi saya dengan senang hati menerima seluruh kritik dan saran dari Anda semua. Saya juga meminta maaf apabila ada kesalahan kata baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja. Semoga pidato tadi bisa menjadi pelajaran yang berharga bagi kita semua. Terima kasih atas perhatiannya, selamat pagi, dan Bravo jalan kaki !!!

0 komentar:

Posting Komentar