Pages

Senin, 11 Januari 2016

Gunung Bromo

Gunung Bromo (dari bahasa Sanskerta: Brahma, salah seorang Dewa Utama Hindu), merupakan gunung berapi yang masih aktif dan paling terkenal sebagai obyek wisata di Jawa Timur. Sebagai sebuah obyek wisata, Gunung Bromo menjadi menarik karena statusnya sebagai gunung berapi yang masih aktif.

Gunung Bromo di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru memiliki keunikan dengan pasir laut seluas 5.250 hektar di ketinggian 2392 m dpl. Bentuk tubuh Gunung Bromo bertautan antara lembah dan ngarai dengan kaldera atau lautan pasir seluas sekitar 10 kilometer persegi.
Gunung Bromo mempunyai sebuah kawah dengan garis tengah ± 800 meter (utara-selatan) dan ± 600 meter (timur-barat). Sedangkan daerah bahayanya berupa lingkaran dengan jari-jari 4 km dari pusat kawah Bromo.


DAYA TARIK

Gunung Bromo adalah tempat wisata di Jawa Timur yang paling terkenal dan paling ramai dikunjungi. Pengunjungnya tidak hanya dari daerah Jawa Timur saja, melainkan juga dari daerah lain yang cukup jauh, misalnya Jakarta dan sekitarnya, bahkan banyak yang berasal dari luar negeri. Dengan pemandangan yang khas membuat Bromo layak menjadi tujuan wisata. Objek yang menjadi daya tarik di gunung bromo ini adalah Sunrise, Kawah, dan Lautan Pasir.


TRANSPORTASI


Dari Probolinggo
Naik bus dari surabaya menuju Terminal Bayuangga Probolinggo, jarak tempuh Probolinggo Surabaya sekitar 3 jam untuk waktu normal, setelah sampai di kota probolinggo anda bisa menaiki angkutan umum yang menuju bromo atau desa tengger ( Cemoro Lawang ) angkutan Umum berupa Elf ini akan membawa kita ke kawasan Hotel di Bromo (Cemoro Lawang).

Dari Malang
Naik angkutan umum menuju Terminal Arjosari lalu naik angkutan umum yang menuju pasar tumpang arjosari sekitar 45 menit , setelah sampai di Tumpang, ada banyak angkutan khusus berupa jeep yang akan membawa ke daerah bromo, biayanya akan sedikit lebih mahal dari biasanya, olehkarena itu sebaiknya membawa rombongan jika ingin lebih berhemat, Tumpang ke Bromo memakan waktu sekitar 1.5 jam perjalanan.


SARAN dan TIPS

Hawa dingin akan menyelimuti kulit kita, terutama pada malam Hari dan Pagi hari, maka yang perlu anda persiapkan adalah:
  1. Jaket atau pakaian dingin. Gunakan jaket yang bisa menahan hawa dingin bukan jaket yang sekedar fashion saja. Selain jaket bawa juga beberapa T-Shirt cadangan sehingga apabila anda masih kedinginan anda bisa menambahkan T-Shirt sebelum menggunakan jaket.
  2. Syal, topi, sarung tangan. Kebanyakan jaket tidak menutupi area tubuh bagian leher. Ada baiknya anda membawa syal daripada nantinya leher anda menggigil. Begitu pula dengan topi dan sarung tangan. Apabila anda tidak memiliki ini, anda tidak perlu khawatir karena akan ada yang menjual berbagai syal, topi, dan sarung tangan disana walaupun harganya akan sedikit lebih mahal.
  3. Sepatu. Jangan pernah berpikir untuk menggunakan sandal, kontur jalan yang akan dilalui sebagian besar berbatu dan licin. Sepatu boot atau sepatu hiking akan lebih beguna daripada sepatu sneakers karena selain kuat sepatu jenis ini akan melindungi anda dari cedera.
  4. Lampu Senter / Flashlight. Apabila anda ingin menikmati sunrise di puncak bukit, anda akan mulai mendaki di saat langit masih gelap gulita. Penerangan dari senter akan sangat membantu anda menapaki jalan yang terjal.
  5. Masker. Dengan adanya masker bisa melindungi hidung dan mulut kita dari terpaan debu pasir yang bisa menyebabkan batuk dan perih pada tenggorokan.
  6. Jangan berharap anda akan menemukan ATM disana. Jadi sebaiknya bawalah uang secukupnya, jangan terlalu banyak dan jangan pula sampai kekurangan uang yang penting cukup untuk berwisata disana.


LOKASI

Letak dan lokasi Geografis Gunung Bromo tepatnya di Provinsi Jawa Timur, tepatnya di kelilingi oleh 4 wilayah pemerintahan Kabupaten karena Gunung Bromo memang terletak di perbatasan Kabupaten tersebut, yaitu Kapupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang.


TIKET MASUK

- Wisatawan Domestik

Weekdays:Rp. 27.500,-
Weekend:Rp. 32.500,-





- Wisatawan Mancanegara

Weekdays:Rp. 217.500,-
Weekend:Rp. 317.500,-

Kendaraan Roda 4:Rp. 10.000,-
Kendaraan Roda 2:Rp. 5.000,-
Sepeda:Rp. 2.000,-
Kuda:Rp. 1.500,-

0 komentar:

Posting Komentar