Pages

Senin, 11 Januari 2016

Candi Borobudur

Candi Borobudur adalah salah satu monumen kuno yang terbaik diawetkan di Indonesia yang paling sering dikunjungi oleh lebih dari satu juta pengunjung domestik maupun asing. Hal ini juga telah diakui oleh dunia sebagai warisan budaya dunia. Borobudur menjadi salah satu bukti kehebatan dan kecerdasan manusia yang pernah dibuat di Indonesia. Saat ini, Borobudur telah menjadi obyek wisata yang menarik banyak wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Selain itu, Candi Borobudur telah menjadi tempat suci bagi penganut Buddha di Indonesia dan menjadi pusat perayaan tahunan paling penting penganut Buddha yaitu Waisak.

BUDAYA DAN TRADISI
Setiap tahun pada bulan purnama penuh pada bulan Mei (atau Juni pada tahun kabisat), umat Buddha di Indonesia memperingati Waisak di Candi Borobudur. Waisak diperingati sebagai hari kelahiran, kematian dan saat ketika Siddharta Gautama memperoleh kebijaksanaan tertinggi dengan menjadi Buddha Shakyamuni. Ketiga peristiwa ini disebut sebagai Trisuci Waisak. Upacara Waisak dipusatkan pada tiga buah candi Buddha dengan berjalan dari Candi Mendut ke Candi Pawon dan berakhir di Candi Borobudur.
Pada malam Waisak, khususnya saat detik-detik puncak bulan purnama, penganut Buddha berkumpul mengelilingi Borobudur. Pada saat itu, Borobudur dipercayai sebagai tempat berkumpulnya kekuatan supranatural. Menurut kepercayaan, pada saat Waisak, Buddha akan muncul secara kelihatan pada puncak gunung di bagian selatan.

TRANSPORTASI

Dengan Pesawat
  1. Arahkan tujuan anda ke Bandara Adisucipto, Yogyakarta dari kota asal.
  2. Dari Bandara Adisucipto, gunakan kendaraan umum TransJogja ke Terminal Giwangan.
  3. Dari Terminal Giwangan naik bus ukuran ¾ jurusan Giwangan – Borobudur dan turun di Gerbang Candi Borobudur.
Dengan Kereta
  1. Dengan menggunakan Kereta Api kelas Eksekutif ataupun Bisnisi, arahkan tujuan anda ke Stasiun Tugu, Yogyakarta.
  2. Dari Stasiun Tugu, gunakan kendaraan umum TransJogja jalur 2B ke Terminal Jombor.
  3. Dari Terminal Jombor naik bus ukuran ¾ jurusan Giwangan – Borobudur dan turun di Gerbang Candi Borobudur.

LOKASI

Alamat  : Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.
Buka setiap hari mulai pukul 06.00 – 17.00 WIB

TIKET MASUK

Dewasa:Rp.30.000,-
Anak - Anak:Rp.12.500,-

0 komentar:

Posting Komentar