Pages

Rabu, 09 Desember 2015

Review Game: Naruto Ultimate Ninja Storm Revolution

Naruto Ultimate Storm Strongest

Naruto Shippuden: Ultimate Ninja Storm Revolution mempunyai beberapa mode game yang bisa kamu mainkan, namun mode utamanya adalah ninja world tournament yang pada dasarnya adalah sebuah turnamen ninja terbesar. Kamu akan memulai turnamen ini dari peringkat paling bawah yaitu rank D sebelum akhirnya merangkak ke atas untuk menantang ninja-ninja yang berada di kelas S. Karena pada dasarnya Naruto Shippuden: Ultimate Ninja Storm Revolution adalah game fighting maka saya mengharapkan sebuahgameplay yang umum dijumpai seperti katakanlah Ultra Street Fighter IV atauTekken 6, namun begitu memainkan game dengan seratus playable character ini saya dibuktikan salah.

Begitu game dimulai, kamu akan menaiki sebuah perahu menuju sebuah pulau tempat turnamen berlangsung dan dari kejauhan kamu sudah bisa melihat bahwa ada dua orang yang sudah siap menyambut kamu. Sesaat sebelum perahu sampai kamu akan diminta untuk memilih karakter utama kamu. Tentu saja 100 karakter yang saya sebutkan di atas tidak akan langsung dapat digunakan semuanya, kamu akan mulai dengan beberapa karakter dasar dan bekerja keras untuk membuka puluhan karakter lain seiring kamu bermain.

Setelah memilih karakter dan penjelasan singkat kamu akan diberikan kontrol penuh atas karakter kamu untuk mulai menjelajah pulau dan berinteraksi dengan berbagai NPC. Sampai titik ini saya masih sedikit bingung, karena saya kira Naruto Shippuden: Ultimate Ninja Storm Revolutionadalah sebuah game fighting namun melihat berbagai NPC, equipment,character customisation, dan quests kamu tidak bisa menyalahkan saya karena mengira ini sebuah RPG. Untuk mengikuti turnamen kamu akan membutuhkan satu sampai dua karakter lain sebagai pendamping (ally)kamu dan dari sinilah penjelajahan kamu dimulai.

Untuk mendapatkan seorang ally kamu harus menjalankan quest yang diminta oleh ninja tersebut. Misalkan untuk bisa menggunakan Guy dan seluruh timnya maka kamu harus menjalani quest berantai mulai dari melawan anggota tim sampai dengan berlomba dengan waktu untuk mencapai titik tertentu dalam sebuah map. Ketika quest tersebut selesai maka kamu akan mendapatkan Ryo (mata uang dalam game ini) dan juga kamu bisa menggunakan mereka sebagai rekan dalam turnamen.

Naruto Mash Screenshot 1

Naruto Mash Screenshot 2


Bagian terbaik dari sistem ini adalah seiring kamu bermain, kamu akan menemukan berbagai karakter kuat lainnya yang tersebar dalam map dan menjalankan quest demi quest adalah bagian yang menyenangkan. Ini karena setiap karakter biasanya akan meminta kamu untuk menjalani questyang memang sesuai dengan cerita atau sifat mereka. Sebagai contoh Guy dengan tes fisiknya yang melelahkan, Tsunade dengan tantangan bermain judinya, sampai dengan kompetisi antara Deidara dan Sasori yang tidak pernah berakhir sehingga mereka akan meminta kamu untuk menjadi jurinya. Ini memberikan personalisasi yang jauh lebih baik dan penggemar Naruto juga akan dibuat tersenyum-senyum sendiri membaca pembicaraan selama quest.

Selain mencari ally yang jumlahnya sangat banyak (baca: banyak quest),kamu juga bisa melakukan questing umum seperti membantu latihan atau mencari sebuah item tertentu. Untuk awal-awal kamu tidak dapat mengunjungi keseluruhan pulau namun seiring kamu memenangkan turnamen dan naik tingkat maka bagian pulau akan mulai terbuka satu per satu. Ukuran pulau ini tidak terlalu besar namun juga tidak terlalu kecil, cukup untuk kapasitasnya sebagai tempat penampung turnamen ninja terbesar. selain mencari ally dan questing, ada beberapa hal lain yang bisa kamu lakukan seperti mampir ke toko peralatan atau bermain lotre.

Sistem Fighting Yang Sederhana Namun Juga Kompleks Di Saat Yang Bersamaan

Naruto Ultimate Ninja Storm Revolution | Screenshot 2

Setelah mendapatkan ally, bermain dengan beberapa quest, dan juga menjelajah map, maka kamu akan siap untuk mengikuti turnamen yang sebenarnya. Sistem turnamen ini pada dasarnya terbagi atas beberapa tipe pertarungan, yang pertama adalah 4-person battles dan yang kedua adalah 1 vs 1. Dalam 4-person battles tujuan utama kamu adalah mengumpulkan orbyang jatuh dari musuh ketika mereka dipukul, siapa yang memiliki orb terbanyak di akhir waktu adalah pemenangnya. Yang seru dalam mode ini adalah keadaannya yang sangat hectic dan mungkin berlebihan bagi beberapa orang. 4-person battles akan dilakukan 3 kali dengan 3 lawan yang berbeda namun meneruskan jumalh orb yang telah di peroleh dari pertandingan sebelumnya, jadi jika kamu memiliki orb terbanyak di pertandingan 1 dan 2 maka siap-siap saja di pertandingan ketiga kamu akan dikeroyok oleh tiga musuh lainnya.

Setiap turnamen akan berisi 3 kali pertandingan mulai dari penyisihan sampai dengan final. Dan jika kamu memenangkan ketiganya maka kamu akan menjadi juara turnamen rank tersebut dan game akan berakhir untuk kamu mulai ulang kembali dari awal, namun dengan area baru, tempat turnamen baru, rank baru, dan tentunya musuh yang juga baru.

Saya sebut sistem fighting game ini sederhana karena memang kamu hanya membutuhkan satu tombol untuk menyerang. Tombol ini akan kamu tekan terus untuk mengeluarkan combo dan animasinya sangat luar biasa hebohnya khas Naruto. Namun saya juga sebut kompleks karena ada banyak kegunaan lain yang menjadikan pertarungan di Naruto tidak seperti game fighting lain yang pernah kamu mainkan. Setiap karakter dapat menggunakan substitution jutsu yang akan mengubah dirinya menjadi kayu dan menghilang ke belakang musuh, jadi bisa kamu bayangkan memukul musuh bukanlah sesuatu yang mudah.
Naruto Battle Wide Screenshot
Sebelum memulai pertandingan, kamu diharuskan memilih 1 dari 3 tipeskill, yaitu ultimate jutsu, awakening atau drive type. Jika kamu memilihultimate jutsu maka kamu akan dapat mengeluarkan jutsu yang luar biasa seperti rasengan barrage dengan damage yang besar. Jika kamu menggunakan awakening maka kamu dapat membangkitkan aura khusus selama beberapa waktu dan kamu akan menjadi super kuat dan cepat. Sedangkan dengan drive type kamu akan mendapatkan bantuan dari ally kamu selama permainan.

Saya akan jujur dengan kamu, setelah memainkan game ini selama lebih dari 10 jam pun saya masih bingung dengan beberapa skill seperti drive type. Jadi jika kamu ingin mengerti benar-benar maka akan dibutuhkan beberapa waktu, namun kamu selalu bisa spam tombol serang dan tidak usah memikirkan tentang teknik-teknik ninja lainnya. Kamu bisa bersenang-senang dengan cara yang kamu mau lewat game ini.

Mode Lain Yang Bahkan Lebih Seru Dari Cerita Utama

Naruto Ultimate Ninja Storm Revolution | Screenshot 1

Selain mode turnamen, kamu juga dapat memainkan mode Mecha Naruto Story yang merupakan mode yang benar-benar terpisah. Di sini kamu akan lebih banyak menonton dan mengikuti cerita tentang bagaimana Naruto bertemu kembarannya yang adalah robot! Pada awalnya saya sedikit merasa aneh dan berkata ” Ayolah … robot Naruto???? Tidak bisakah mereka datang dengan ide yang lebih baik?”. Namun setelah memainkannya selama 3 jam saya berubah pikiran. Ini karena walaupun robot Naruto terkesan aneh dan dipaksakan, namun cerita yang disampaikan sebenarnya menarik dan tetap memiliki jiwa/semangat Naruto. Mungkin ini juga tidak aneh karena cerita dan desain Mecha Naruto di rancang sendiri oleh Masashi Kishimoto yang adalah kreator Naruto.

Gameplay dari mode ini benar-benar RPG namun dalam skala kecil, kamu bisa menjalani quest, berlari ke sana-sini, menjalani challenge, bermain lotre, dan mengikuti cerita serta menonton cut-scene animation panjang khas JRPG. Saya benar-benar menikmati waktu saya bermain mode yang satu ini.

Mode selanjutnya yang juga seru adalah Ninja Escapades. Pada dasarnyaescapades adalah menonton anime dengan cerita yang mengambil dari duniaNaruto. Sebagai contoh ketika kamu memilih escapades Akatsuki maka sebuah anime berkualitas tinggi akan langsung diputar. Anime ini menceritakan awal terbentuknya Akatsuki dengan animasi dan dialog yang baru namun tidak menyimpang terlalu jauh dari cerita utama. Yang seru adalah begitu terjadi pertempuran di anime tersebut maka layar akan berubah dan kita lah yang akan menjalaninya. Untuk sekarang hanya terdapat 3 escapades yaitu pembentukan Akatsuki, latar belakang pembantaian kclan Uchiha, dan juga hubungan spesial antara ibu Naruto dengan Obito Uchiha. Menyelesaikan seluruh escapades ini akan membutuhkan waktu dua jam kurang dengan 80% aktivitas menonton dan 20% fighting.

Kesimpulan Yang Bahkan Tidak Diperlukan

Bagi saya yang tidak pernah memainkan seri Ultimate Ninja Storm sebelumnya, game ini adalah game yang saya cari-cari. Sang developer berhasil membawa jiwa dari Naruto ke dalam game dan walaupun memiliki 100 karakter, tidak ada generalisasi di antara mereka. Kamu tahu bahwa sang developer tidak mengambil jalan pintas (walaupun mungkin kebanyakan aset digunakan ulang dari seri sebelumnya). Sekali lagi saya tidak bisa berbicara banyak untuk kamu pemain yang sudah memainkan seri Ultimate Ninja Storm dari awal, namun kamu yang belum pernah memainkan seri ini maka inilah game untuk kita para penggemar Naruto.


Source : https://id.techinasia.com/review-naruto-shippuden-ultimate-ninja-storm-revolution/

0 komentar:

Posting Komentar