Pages

Selasa, 10 November 2015

Dolby Digital, All Around You!

Seperti yang sudah dilakukan Cinema 21 selama ini yaitu terus memberikan hiburan berkualitas, khususnya tontonan yang terbaik dan memuaskan bagi seluruh pengunjungnya. Cinema 21 kali ini menghadirkan teknologi audio sistem terbaru yaitu Dolby Atmos.



Dolby Atmos merupakan teknologi virtual reality suara yang memaksimalkan penggunaan audio dalam penceritaan sebuah film. Teknologi ini juga memberikan kebebasan kepada para filmmaker untuk menempatkan atau memindahkan suara ke sudut mana pun di dalam gedung bioskop untuk menciptakan suasana seperti di kehidupan nyata.


Sistem suara ini menggunakan teknik digital untuk menghasilkan suara yang mana sistem suara ini adalah multi channel yang artinya memiliki banyak channel yg bekerja secara tersinkronisasi untuk memberikan kesan suara mengelilingi penonton. Sistem ini memiliki 8 channel suara dimana terdiri dari :
  1. Channel central yang diletakkan lurus didepan penonton.
  2. Channel kiri depan yang diletakan di sebelah kiri depan dengan sudut 22-30 derajat dari sumbu poros penonton.
  3. Chanel kanan depan yang diletakkan di kanan depan dengan sudut 22-30 derajat dari sumbu poros penonton.
  4. Channel samping kanan yang diletakan dengan sudut 90-110 derajat dari sumbu penonton.
  5. Channel samping kiri yang diletakkan juga dengan sudut 90-110 derajat dari sumbu penonton.
  6. Channel kanan belakang yang diletakkan dengan sudut 135-150 derajat dari sumbu penonton
  7. Channel kiri belakang yang diletakkan dengan sudut 135-150 derajat dari sumbu penonton.
  8. Channel subwoofer yang biasa di letakkan di depan bawah.
Setiap channel bisa terdiri dari banyak speaker atau hanya satu speaker, tergantung besar dan luasnya sebuah theater atau ruangan bioskopnya. Seperti pada bioskop XXI terdapat 2-3 speaker untuk setiap channelnya, kecuali untuk channel center, kanan depan dan kiri depan serta subwoofer. Masing-masing menggunakan sebuah speker berukuran besar yang diletakkan di belakang layar sesuai aturan sudut-sudutnya.
Beginilah kira-kira design peletakkan speaker di bioskop. Ini hanya gambar home theater di rumah saja namun sepertinya sudha mewakili peletakan speaker di chanel-chanel yang saya sebutkan tadi. Yah demikianlah sekilas pembahasan tentang Dolby Atmos. Semakin ke sini teknologi audio visual pun semakin maju dan semakin memanjakan kita dalam menikmati film-film di bioskop. Enjoy your day!


0 komentar:

Posting Komentar