Pages

Selasa, 10 Maret 2015

Ilmu Sosial Dasar dan Ilmu Budaya Dasar. Beda sedikit kok

Sebulan lebih telah berlalu semenjak saya memberikan sedikit penilaian pribadi saya terhadap kondisi politik di Indonesia. Sekarang saya pun akan membahas hal lain yang tentunya berbeda topik lagi. Hehehe, sesuai dengan nama dari blog ini yaitu Campur Aduk dimana saya membahas segalanya entah itu politik, pengetahuan, maupun teknologi. Oke langsung saja, kali ini saya hanya akan memberikan sedikit pengetahuan saja.


Saat saya berada di semester 1 perkuliahan di Universitas Gunadarma, saya mendapat mata kuliah softskill dengan nama Ilmu Sosial Dasar. Oiya mata kuliah softskill adalah mata kuliah yang bisa dibilang pelengkap dari mata kuliah yang lain. Kenapa? Karena hardskill saja tidak cukup untuk membuat kita sukses di masa kini. Kemampuan berpikir yang analogis, rasa tanggung jawab yang tinggi, ketenangan dalam hal mengambil keputusan dan memadamkan amarah, profesionalisme antara masalah pribadi dengan masalah pekerjaan. Semua itu diasah melalui mata kuliah softskill ini.

Tapi kenapa saat saya naik ke semester 2 mata kuliah softskill saya berubah nama menjadi Ilmu Budaya Dasar? Sebenarnya hal tersebut tidaklah terlalu berpengaruh. Pada dasarnya, softskill itu mengajarkan kita untuk mengatasi berbagai masalah batin yang mungkin nantinya akan kita alami dalam dunia bisnis atau pekerjaan. Tapi apabila Saudara-saudari tetap kekeh untuk mengetahui apa sih perbedaan dari Ilmu Sosial Dasar dan Ilmu Budaya Dasar mari kita ulas sekarang!

  • ISD atau biasa kita kenal sebagai Ilmu Sosial Dasar. Terdiri dari 3 kata apabila kita memisahkannya. Ilmu, Sosial, dan Dasar.
    • Ilmu adalah seluruh usaha sadar untuk menyelidiki, menemukan, dan meningkatkan pemahaman manusia dari berbagai segi kenyataan dalam alam manusia.
    • Sosial adalah segala perilaku manusia yang merujuk pada hubungan-hubungan manusia dalam kemasyarakatan, hubungan antar manusia, hubungan manusia dengan kelompok, serta hubungan manusia dengan organisasi untuk mengembangkan dirinya.
    • Dasar adalah sesuatu yang paling bawah atau paling mudah
          Jadi dapat saya simpulkan bahwa ISD atau Ilmu Sosial Dasar adalah seluruh usaha sadar manusia untuk menyelidiki segala perilaku manusia yang bersifat nonindividualis serta mencari respon yang pas dalam menghadapi perilaku nonindividualis tersebut. Jadi pada mata kuliah tersebut kita lebih ditekankan dalam hal sosialnya. Entah itu menanggapi konflik batin yang disebabkan oleh orang lain atau faktor lain, memberikan penyuluhan narkoba kepada warga yang awam. Intinya ISD pasti sedikitnya melibatkan 2 orang karena manusia kadang sulit melakukan apa-apa sendirian.

Ilmu Sosial adalah cara kita berinteraksi dan bekerja sama dengan orang lain.
  • IBD atau bisa dibilang Ilmu Budaya Dasar. Ilmu ini memang tergolong baru untuk saya. Tapi bisa dibilang gambaran manfaat dari mempelajari ilmu ini pun sudah bisa terbayangkan. Sama seperti ISD, IBD juga terdiri dari 3 kata. Ilmu, Budaya dan Dasar.
    • Ilmu adalah seluruh usaha sadar untuk menyelidiki, menemukan, dan meningkatkan pemahaman manusia dari berbagai segi kenyataan dalam alam manusia. 
    • Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi. 
    • Dasar adalah sesuatu yang paling bawah atau paling mudah.
         Jadi Ilmu Budaya Dasar adalah usaha sadar manusia untuk menyelidiki serta menerapkan cara hidup mendasar yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok yang merupakan suatu warisan turun temurun dari generasi ke generasi. Budaya yang dimaksudkan ini adalah nilai budaya yang terkandung dalam nilai-nilai Pancasila seperti budaya gotong royong, budaya senyum sapa salam, dan budaya sopan santun lainnya yang merupakan warisan nenek moyang kita.

Budaya gotong royong merupakan salah satu budaya dasar dari warga Indonesia.
Nah, apakah Saudara-saudari sudah mengerti perbedaan mencolok dari ISD dan IBD? Pasti sudah paham dong hehe. Oke mungkin cukup segitu saja info pengetahuan dari saya semoga dapat bermanfaat yaaa :D


Source :
http://www.slideshare.net/TriAdnyana/budaya-adalah-suatu-cara-hidup-yang-berkembang-dan-dimiliki-bersama-oleh-sebuah-kelompok-orang-dan-diwariskan-dari-generasi-ke-generasi
http://pengertianbahasa.blogspot.com/2013/02/pengertian-ilmu.html
http://www.anneahira.com/pengertian-sosial.htm

1 komentar: