Pages

Selasa, 20 Januari 2015

Pengaruh Elit Politik terhadap Kehidupan Bermasyarakat ? Ahsudahlah..

Setelah saya mereview tentang dampak globalisasi kemarin. Pada post kali ini saya akan membahas tentang pengaruh elit politik terhadap kehidupan sosial masyarakat. Baru-baru ini dunia pertelevisian Indonesia heboh dengan penolakan oleh anggota DPR dalam hal penunjukkan Budi Gunawan sebagai calon Kapolri pilihan Presiden Jokowi. Entah ini kebetulan atau memang kinerja anggota DPR yang semakin meningkat. Tapi sikap kritis yang diperlihatkan DPR baru-baru ini bolehlah kita acungi jempol. Awalnya saya pikir DPR merumitkan proses pemilihan Kapolri karena mereka ingin mengambil "kesempatan dalam kesempitan". Namun setelah proses penyelidikan lebih lanjut ternyata memang ada keganjalan dalam hal rekening Budi Gunawan yang bisa dibilang 'gendut'. Penyelidikan ini pun dilakukan lebih lanjut oleh KPK dan pada hasilnya Budi Gunawan ditetapkan sebagai tersangka.


Akan tetapi, proses pengangkatan Budi Gunawan sebagai Kapolri tetap dilakukan meskipun Budi Gunawan berstatus sebagai tersangka karena pemilihan Kapolri memang mutlak adalah hak dari seorang Presiden. DPR hanya perlu menyetujui keputusan presiden tersebut dalam rapat paripurna.

Oke, mari kita tinggalkan berita tentang Budi Gunawan. Sekarang mari kita bahas pengaruh DPR terhadap kehidupan sosial masyarakat. Loh kok bukan pengaruh elit politik sih ? Yaa karena pengertian dari elit politik itu adalah orang-orang yang mempunyai kekuasaan entah itu duduk di bangku legislatif atau bangku eksekutif. Oleh karena itu saya lebih menekankan kepada anggota DPR karena merekalah yang duduk di bangku legislatif tersebut.

Secara pribadi saya paling malas jikalau disuruh untuk berdiskusi masalah politik di Indonesia karena pemerintah Indonesia sudah jelek namanya di mindset saya. KKN merajalela, tidur saat rapat, nonton film tidak senonoh, permintaan anggaran yang illogical untuk melakukan suatu project. Itu adalah beberapa alasan yang menjelekkan nama mereka di mindset saya. Oleh sebab itu, saya pun menjadi pribadi yang tidak aktif mengikuti perkembangan politik Indonesia. Bisa dibilang masa bodoh dengan politik Indonesia.

Mayoritas orang pun juga sama seperti saya jika ditanya dalam hal politik. Perilaku dari elit-elit politik yang sangat mengecewakan membuat orang-orang pun malas memberikan penilaian terhadap mereka. Bahkan seseorang pernah berkata kepada saya bahwa kalau ingin cepat kaya, jadi anggota DPR saja. Enak, kerjanya cuma datang, duduk, tidur hahaha :D

Oke, berikut adalah dampak yang ditimbulkan oleh elit politik terhadap kehidupan sosial masyarakat.

  • Masyarakat menjadi masa bodoh terhadap masalah politik dan pemerintahan Indonesia.
  • Sulit menjalin kembali hubungan antara masyarakat dengan anggota elit politik.
  • Karena kurangnya pengawasan yang diberikan oleh masyarakat, elit-elit politik pun semakin menjadi-jadi dalam mengambil celah untuk melakukan perbuatan tercela (korupsi).
Mungkin itu saja dampak dari perilaku elit politik terhadap kehidupan sosial masyarakat. Mungkin Anda bisa menambahkan yang lain ? haha monggo ditambahkan di kolom komentar :D

3 komentar:

  1. Hamba dari Yang Maha Esa22 Januari 2015 pukul 06.55

    Mantep Suryanwar Liem Wawang, referensi anda sangat membantu (h) , salam 1IA25 8-)

    BalasHapus
  2. wawang kamu pinter banget sih .... aku jadi kepincut deh

    BalasHapus