Pages

Kamis, 12 Mei 2016

Review Web Pemerintahan: www.lemhannas.go.id

Header Bang Ronal

 Latar Belakang

Gagasan tentang perlunya Lemhannas tertuang dalam surat Wakil Menteri Pertama Bidang Pertahanan/Keamanan Jendral A.H. Nasution yang kemudian mendapat tanggapan yang positif dari Menteri Pertama Ir. Djuanda. Sebagai tindak lanjut maka dikeluarkanlah Surat Keputusan Menteri Pertama Nomor 149/MP/1962 tanggal 6 Desember untuk segera membentuk Panitia Interdepartemental yang bertugas mempersiapkan pembentukan sebuah Lembaga Pertahanan Nasional.
Panitia Interdepartemental yang dilantik pada tanggal 13 Desember 1962 ini menandakan wadah Lemhannas resmi telah ada. Panitia yang beranggotakan 16 orang yang dipimpin oleh Letjen TNI R. Hidayat ini bertugas untuk mempersiapkan suatu lembaga pendidikan tinggi pertahanan untuk membentuk dan mengembangtkan tenaga-tenaga pembina baik sipil maupun militer, pada tingkat politik strategi dan pertahanan nasional.
Selanjutnya, panitia Interdepartemental mengadakan rapat secara berkala untuk merumuskan karya tulis yang merumuskan segala hal tentang Lemhannas. Dalam rapat pada tanggal 12 Januari 1963 yang dipimpin oleh Ketua Panitia, beliau memberikan petunjuk untukmerumuskan hasil karya panitia. Beberapa petunjuk tersebut antara lain menyangkut penggunaan istilah “pertahanan”, bentuk kegiatan lembaga, dan falsafah yang melandasi kegiatan Lemhannas.
Rumusan hasil kegiatan Panitia Interdepartemental yang disampaikan secara lengkap kepada Menteri Pertama pada tanggal 7 Maret 1963 merumuskan bahwa kehadiran Lemhannas merupakan salah satu urgensi nasional dalam rangka menyelamatkan/melestarikan cita-cita Proklamasi Kemerdekaan serta tujuan Bangsa Indonesia dan terjaminnya kelangsungan hidup bangsa Indonesia di tengah percaturan politik dunia.
Untuk merealisasi terwujudnya Lemhannas, Menko Hankam/Kasab membentuk Staf Pelaksanaan berikut Petunjuk Pelaksanaan pendirian Lemhannas. Staf Pelaksana Lemhannas yang tertuang dalam Surat Keputusan Menko Hankam/Kasab Nomor : M/E/1000/1964 tanggal 11 Juli 1964, diketuai oleh Mayjen TNI Wiluyo Puspoyudo dilantik pada 20 Juli 1964 Oleh Menko Hankam/KASAB A.H. Nasution. Di hari yang sama, dikeluarkan pula Petunjuk Pelaksanaan tentang Pendirian Lemhannas (Surat Keputusan Nomor III/E/77/1964 tanggal 20 Juli 1964) yang direncanakan bahwa peresmian pembukaan Lemhannas akan dikaitkan dengan peringatan Hari Pahlawan 10 November 1964. Namun akhirnya rencana tersebut harus mundur menjadi tanggal 20 Mei 1965, berkaitan dengan hari Kebangkitan Nasional.

Visi dan Misi



VISI LEMHANNAS RI

"Menjadi lembaga yang berkualitas, kredibel, dan berkelas dunia (world class institution) bidang ketahanan nasional."

Penjelasan Visi:

Proses menghasilkan kader dan pemimpin bangsa sesuai dengan nilai-nilai kebangsaan harus melibatkan stakeholders serta dilaksanakan secara akuntabel dan diarahkan untuk menyelesaikan berbagai permasalahan ketahanan nasional terwujud kondisi ketahanan yang lebih baik dan kokoh. Sejalan dengan itu, maka pengertian kata "berkualitas, kredibel, dan berkelas dunia" adalah sebagai berikut: 
Berkualitas.
Lemhannas RI sebagai lembaga pendidikan dan pelatihan yang menghasilkan kader dan pemimpin bangsa sesuai nilai-nilai kebangsaan harus mempunyai kualitas; bermutu (baik); sesuai standar yang telah ditetapkan.Lemhannas RI sebagai lembaga pendidikan dan pelatihan yang menghasilkan kader dan pemimpin bangsa sesuai nilai-nilai kebangsaan harus mempunyai kualitas; bermutu (baik); sesuai standar yang telah ditetapkan.
Kredibel.
Hasil pendidikan dan pelatihan Lemhannas RI yang memiliki standar kualitas, kapabilitas, harus dapat menimbulkan kepercayaan sehingga kader dan pemimpin bangsa benar-benar memiliki karakter bangsa sesuai dengan nilai-nilai kebangsaan.
Berkelas Dunia.
Tindakan memimpin Lemhannas RI untuk mencapai standar kelas dunia yang excellence di mata stakeholders dan mendapat pengakuan dari lembaga sejenis di tingkat dunia (regional, Asia Pasifik, dan global). Untuk periode tahun 2015-2019 dengan target yang akan dicapai adalah pengakuan sebagai lembaga berkelas dunia dari lembaga sejenis di tingkat regional.

MISI LEMHANNAS RI
  1. Menyelenggarakan pendidikan kader pimpinan tingkat nasional yang berkarakter sesuai dengan paradigma nasional
  2. Menyelenggarakan pengkajian strategis sebgai masukan Presiden dalam pengambilan kebijakan (think tank)
  3. Melaksanakan pemantapan nilai-nilai kebangsaan yang terkandung dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Nilai-Nilai Pancasila serta Nilai-Nilai Kebhinnekaan Tunggal Ika dalam rangka pembinaan kepada masyarakat.
KEDUDUKAN LEMHANNAS RI
Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia, yang selanjutnya disebut Lemhannas RI, adalah Lembaga Pemerintah Non Departemen yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden. Lemhannas RI dipimpin oleh Gubernur Lemhannas RI. Dalam melaksanakan tugasnya, Gubernur Lemhannas RI dibantu oleh seorang Wakil Gubernur.

TUGAS LEMHANNAS RI
Lemhannas RI mempunyai tugas membantu Presiden dalam :

  1. Menyelenggarakan pendidikan penyiapan kader dan pemantapan pimpinan tingkat nasional yang berpikir integratif dan profesional, memiliki watak, moral dan etika kebangsaan, berwawasan nusantara serta mempunyai cakrawala pandang yang universal.
  2. Menyelenggarakan pengkajian yang bersifat konsepsional dan strategis mengenai berbagai permasalahan nasional, regional dan internasional yang diperlukan oleh Presiden, guna menjamin keutuhan dan tetap tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  3. Menyelenggarakan pemantapan nilai-nilai kebangsaan yang terkandung di dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, nilai-nilai Pancasila serta nilai-nilai ke-Bhinneka Tunggal Ika-an.
  4. Membina dan mengembangkan hubungan kerja sama dengan berbagai instansi terkait di dalam dan di luar negeri.
 FUNGSI LEMHANNAS RI
Dalam melaksanakan tugas, Lemhannas RI menyelenggarakan fungsi:
  1. Mendidik, menyiapkan kader dan memantapkan pimpinan tingkat nasional melalui segala usaha kegiatan dan pekerjaan meliputi program pendidikan, penyiapan materi pendidikan, operasional pendidikan dan pembinaan peserta dan alumni serta evaluasi.
  2. Mengkaji berbagai permasalahan strategik nasional, regional dan internasional baik di bidang geografi, demografi, sumber kekayaan alam, ideologi, politik, hukum dan keamanan, ekonomi, sosial budaya dan ilmu pengetahuan serta permasalahan internasional
  3. Memantapkan nilai-nilai kebangsaan yang terkandung di dalam pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta nilai-nilai Pancasila sebagai ideologi bangsa, semangat bela negara, transformasi nilai-nilai universal, sistem nasional serta pembudayaan nilai-nilai kebangsaan.
  4. Kerja sama pendidikan pasca sarjana di bidang strategi ketahanan nasional dengan lembaga pendidikan nasional dan/atau internasional.
  5. Kerja sama pengkajian strategik dan kerja sama pemantapan nilai-nilai kebangsaan dengan institusi di dalam dan di luar negeri.
   ISI DAN INFORMASI WEB LEMHANNAS
Secara umum website lemhannas berisi tentang informasi mengenai hal-hal yang berkaitan dengan ketahanan nasional baik itu pelatihan dasar tentang kepemimpinan maupun penanaman nilai-nilai kebangsaan bagi seluruh rakyat Indonesia. Di website lemhannas juga terdapat berita-berita yang isinya adalah kegiatan yang dilakukan oleh lemhannas meskipun kurang berhubungan langsung dengan ketahanan nasional tapi kegiatan yang dilakukan oleh lemhannas tetap tergolong positif.
 
KELEBIHAN WEB LEMHANNAS
  • Responsive. Web lemhannas bisa dibilang sudah mengikuti trend perkembangan zaman web saat ini karena sudah responsive. Artinya web dan segala komponen di dalamnya menyesuaikan ukuran browser/layar sehingga nyaman bagi user.
  •  Lengkap. Web lemhannas ini juga tergolong web yang lengkap karena fasilitas yang disediakan seperti side bar yang berisi informasi umum, aplikasi yang berkaitan dengan lemhannas, sosmed, dan sebagainya sangat berguna untuk user agar cepat dan mudah diakses. Di tampilan main page pun sudah tersedia slider yang berisi recent post daripada berita yang akan selalu up to date selama berita tersebut ditambah.
  • Up to date. Maksudnya adalah web lemhannas selalu mengupdate kegiatan apapun yang telah mereka kerjakan sehingga kami sebagai user pun senang karena lembaga ini bersifat transparan
 KEKURANGAN WEB LEMHANNAS
  • Maksud tidak tersampaikan. Artinya adalah web lemhannas memang sudah bagus secara UI dan UX tapi inti informasi yang ingin disampaikan oleh web lemhannas belum tersaimpaikan secara sempurna. Jadi user yang mengunjungi agak bingung dan akan bertanya. "Ini web informasinya tentang apa ya?" Identitas asli lemhannas jadi tidak tersampaikan secara sempurna.
 Mungkin itu saja review singkat tentang web lemhannas dari saya. Mohon maaf apabila ada kesalahan kata dalam review tersebut. Sejujurnya review ini dibuat hanya untuk memenuhi persyaratan tugas kuliah saja. Tidak ada maksud lain selain itu. Thanks dan semoga bermanfaat. :D 

0 komentar:

Posting Komentar