Pages

Kamis, 12 Mei 2016

Review Web Lemhannas using Alexa & Woorank

Alexa adalah suatu situs yang menyediakan sarana untuk mendapatkan informasi tentang peringkat suatu situs, beberapa orang mendasari kesuksesan website atau blog mereka dari bagusnya ranking mereka di alexa, semakin kecil nilai alexa rank anda semakin bagus posisi peringkat anda di alexa. Keuntunganya adalah dengan meningkatnya ranking alexa juga akan menarik pengguna jasa iklan untuk menggunakan situs kita sebagai sarana publikasi mereka. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat di situs alexa.com
 Sekarang saya hendak mereview sebuah website yang tidak lain adalah website dari lemhannas yang sudah saya ulas sebelumnya. Dan berikut hasilnya:
GLOBAL RANK
Dari gambar di atas tertera bahwa ranking dari web lemhannas di global rank adalah 1.167.944. Wow sangat jauh yah rankingnya Lalu untuk cakupan lokal yaitu se-Indonesia sendiri web lemhannas juga tergolong jauh rankingnya yaitu 40 ribuan. Hal ini membuktikan bahwa web lemhannas masih harus perlu update lagi agar mampu menarik minat para visitor. Memang web pemerintahan bisa dibilang tidak mengejar rank dari alexa karena tujuan dari dibuatnya web pemerintahan adalah untuk penyedia informasi saja. Tapi jikalau ada salah satu web pemerintahan yang bisa punya rating bagus di alexa. Yang bangga bukan hanya lembaganya tapi seIndonesia pun akan bangga dengan lembaga tersebut.

WHERE ARE LEMHANNAS'S VISITORS LOCATED?

Dari gambar di atas dapat disimpulkan bahwa pengunjung yang mengakses web lemhannas hampir 100% adalah orang Indonesia. Yap bukan hasil yang mengejutkan karena web pemerintahan memang seharusnya diakses oleh rakyatnya sendiri.

DAILY VISITORS
Pada gambar di atas dijelaskan bahwa rata-rata web lemhannas diakses 3 page per visitor dan rata-rata mengakses dengan durasi 3,5 menit. Kesimpulannya yang mengakses sudah bertujuan untuk mencari informasi tertentu sehingga tidak berlama-lama di website lemhannas.

DARIMANA AKSESNYA?
Kebanyakan visitor mengakses web lemhannas ini melalui google karena mereka tidak tahu alamat web dari lemhannas itu sendiri apa. Untuk memperjelas, alamat web dari lemhannas adalah www.lemhannas.go.id jadi jangan akses via google lagi tapi langsung akses melalui address bar ya lain kali.

IDENTITAS VISITORS
Pada tool alexa ini, mereka memberitahu siapa sih visitor dari website lemhannas? Ternyata rata-rata yang mengunjungi adalah laki-laki dengan pendidikan minimal SMA dan lokasi pengaksesannya di kantor. Otomatis pengunjug lemhannas dapat dikatakan adalah laki-laki kantoran dan sejenisnya. Harusnya semua orang termotivasi untuk mengakses lemhannas karena berita yang disampaikan lemhannas kan bersifat universal. Itu merupakan sebuah koreksi untuk lemhannas agar mengupdate web lalu visitor bertambah dan rank di alexa pun naik.


WOORANK adalah salah satu tool SEO yang sangat populer. WOORANK bekerja di dalam bidang webmaster, sosial media, dan sebagainya. Baiklah kita akan membahas bagaimana cari kerja WOORANK sehingga dia dapat meningkatkan kualitas suatu website. Adapaun keunggulan WOORANK :

  • Analisis competitif
Yaitu dimana WOORANK ini akan membandingkan antara website anda dengan website orang lain dan WOORANK akan memberitahukan apa-apa saja yang harus ada perbaiki sehingga anda dapat meningkatkan kualitas website anda.

  • Pelacakan yang dilakukan secara terus menerus
Disini dalam menganalisis sebuah website, WOORANK setiap harinya akan terus memantau atau melakukan pemantauan terhapat website kita.
  • Konsistensi keyword
Yaitu WOORANK akan memeriksa kata kunci di dalam website anda dan juga kata kunci website pesaing anda sehingga jika ada user yang melakukan pencarian  maka WOORANK akan terlebih dahulu menampilkan website anda.

  • BackLink
WOORANK dapat menambah backlink di dalam website yang lainnya yaitu dengan cara mendaftarkan website anda kunjungi di dalam dsbor woorank.
 
Berikut adalah review web lemhannas.go.id jika menggunakan WOORANK.
 
Ini adalah tampilan review dari WOORANK. Terlihat bahwa web lemhannas.go.id ratingnya di bawah 50% artinya banyak hal yang perlu dibenahi agar website ini terimprove.
 
Dari segi SEO nya yaitu kelengkapan codingan dan lain sebagainya web lemhannas ini kurang lengkap karena meta descriptionnya tidak ada. Meta description adalah deskripsi dari halaman isi blog.
Untuk ke-responsive-an dari sebuah web. Lemhannas sudah support responsive sehingga apabila dibuka di mobile maka akan fit to screen. Jadi bisa dibilang web lemhannas itu dapat dikatakan mobile friendlinnes.

Sekian review web menggunakan tool alexanya. Mohon maaf apabila ada kesalahan kata. Thanks :D

0 komentar:

Posting Komentar