Pages

Minggu, 25 September 2016

Semua tentang Konsep Pemodelan Grafik

Image from: http://www.qqxxzx.com/images/design-pictures/design-pictures-19.jpg
  1. Pengertian
  2. Konsep pemodelan grafik. Mari kita bahas kata per kata. Konsep adalah sebuah ide atau sekumpulan ide yang belum terealisasi. Jadi konsep ini masih hanya sebatas angan-angan saja jikalau tidak dilaksanakan. Lalu kata kedua, yaitu pemodelan. Pemodelan adalah salah satu cara untuk merealisasikan konsep yang telah dipikirkan tersebut. Pemodelan ini biasa menuju kepada sebuah objek. Kata terakhir adalah grafik. Grafik adalah berbagai macam bentuk visual yang terdiri dari titik, garis, lengkung ataupun ruang yang bergabung membuat sebuah bangun 1 atau 2 ataupun 3 dimensi. Jadi konsep pemodelan grafik adalah proses merealisasikan sebuah ide ke dalam objek-objek yang berbentuk visual yang terdiri dari titik, garis, ataupun ruang.
  3. Prinsip
  4. Dalam membuat sebuah design grafik, kita dapat berpedoman pada beberapa prinsip agar design kita terlihat indah. Berikut adalah beberapa prinsipnya.
    • Keseimbangan
    • Seperti yang kita ketahui, design yang seimbang merupakan design yang indah. Kenapa? Karena design tersebut tidak berat sebelah atau tidak condong ke sisi kiri ataupun sisi kanan. Jumlah garis atapun bentuk di sisi kiri dan kanan harus lah pas agar terjadi keseimbangan simetris atau keseimbangan yang berpedoman pada garis tengah. Selain dari keseimbangan simetris, keseimbangan warna juga harus diperhatikan. Keseimbangan design berdasarkan warna dapat disebut juga dengan keseimbangan asimetris.
    • Irama
    • Irama adalah sebuah pola yang dibuat daripada elemen-elemen grafik secara berulang-ulang dan bervariasi. Apabila irama daripada sebuah design tidak stabil maka akan berdampak pada ketidakpaduan antar elemen-elemen tersebut.Oleh karena itu irama juga merupakan prinsip untuk membuat sebuah design.
    • Penekanan
    • Dalam membuat sebuah design kita harus mempunyai penekanan. Apa makna tersirat yang hendak kita sampaikan dari design yang kita buat. Penekanan ini berfungsi untuk menyampaikan makna tersebut.
    • Padu
    • Dari berbagai macam elemen yang digunakan pada design Anda, kesatuan atau padu daripada elemen-elemen tersebut haruslah diperhatikan agar design Anda terlihat lebih indah dan dapat memanjakan mata. Kesatuan atau padu dapat ditemukan jikalau Anda melihat design Anda dari jarak yang cukup jauh agar seluruh elemen dapat terlihat sekali pandang.
  5. Unsur
  6. Image from: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEieMFNPSm9rTFx4OMTRL3tK1ZA1p77z2t_1sTVyHHfqUJK8uiqsmBVvVwGMFS9UlExHVY1C8Edq-Xe78p7YkCm3oab-eOCq-beyvAcu6hb5kEcrXDKFYORNeWlUYgPqSyQgeFYqfVX38K7w/s1600/EoD_Grey_1280.jpg 
    Unsur-unsur yang dapat kita gunakan untuk membuat sebuah design adalah
    • Garis
    • Garis adalah sebuah unsur yang terdiri dari 2 titik yang dihubungkan. Garis ada 2 buah bentuk yaitu garis lengkung, ataupun garis lurus. Garis merupakan sebuah unsur dasar daripada design Anda. Garislah yang membuat design Anda untuk menuju level yang selanjutnya.
    • Bentuk
    • Bentuk adalah segala hal yang memiliki diameter tinggi dan lebar. Bentuk dasar yang dikenal orang adalah kotak (rectangle), lingkaran (circle), dan segitiga (triangle). Pada desain komunikasi visual kita akan mempelajari betuk dasar dan bentuk turunan. Sementara pada kategori sifatnya, bentuk dapat dikategorikan menjadi tiga, yaitu:
      • Huruf
      • Simbol
      • Form (Bentuk Nyata)
    • Tekstur
    • Tampilan visual yang dapat dinilai dengan cara dilihat atau diraba. Tekstur secara nyata dapat kita lihat pada permukaan kaos, karpet, dan lain sebagainya. Kalian bisa rasakan kasar atau halusnya tekstur dari benda-benda tersebut.
    • Ruang
    • Ruang juga merupakan unsur design karena apabila design Anda tidak ada ruang yang mencukupi maka akan berpengaruh pada kepaduan daripada design Anda. Design Anda akan terlihat sesak. Maka dari itu unsur space juga penting untuk menjaga kesatuan daripada design Anda.
    • Ukuran
    • Ukuran juga menjadi salah satu unsur design. Besar-kecilnya objek akan berpengaruh pada keseimbangan dari design Anda. Karena apabila ukuran dari objek tersebut tidak diatur maka design Anda tidak seimbang.
    • Warna
    • Warna merupakan salah satu unsur paling penting karena warna akan sangat berpengaruh pada estetika. Warna bisa menampilkan identitas, ataupun karakter daripada designer itu sendiri. Maka dari itu berhati-hatilah memilih warna untuk design Anda.
Daftar pustaka:
http://www.kamu-info.web.id/2015/09/desain-pemodelan-grafik.html

0 komentar:

Posting Komentar