Pages

Rabu, 09 Mei 2018

Analisis Pemrograman Jaringan - Tugas

Tugas 1

Listing 1: getIP.java










Listing di atas adalah untuk mendapatkan IP local di komputer kita. Untuk mengakses method-method yang berhubungan dengan network, maka kita harus mengimport library java.net yang telah disediakan oleh java. Lalu buat class dan main method dan di dalam main method tersebut kita mengakses IP local dengan method getLocalHost() dan getAddress(). Lalu array tsb diprint. Berikut outputnya.



Listing 2: getName.java






Listing di atas adalah untuk mendapatkan nama komputer kita. Untuk mengakses method-method yang berhubungan dengan network, maka kita harus mengimport library java.net yang telah disediakan oleh java. Lalu buat class dan main method dan di dalam main method tersebut kita mengakses nama komputer dengan method getLocalHost() dan getHostName(). Lalu diprint. Berikut outputnya.



Listing 3: IPtoName.java









Program diatas untuk menampilkan Nama PC saat kita sudah mengetahui IPnya. Pada program ini terdapat percabangan if untuk mengecek panjang array pada fungsi utama jika sama dengan 0 maka program akan mencetak "pemakaian : java IPtoName ". Program akan keluar/dimatikan dan mendeklarasikan kembali nilai variabel host yaitu array 0 dan untuk variabel address pada object InetAddress bernilai null. Pada program ini juga terdapat try dan catch. Jika terdapat kesalahan maka program akan mencetak Invalid IP - malformed IP dan program akan keluar/dimatikan. Namun jika tidak ditemukan kesalahan maka program akan mencetak nama komputer user. Berikut outputnya.



Listing 4: NsLookup.java












Pada latihan keempat ini menggunakan library java.net, dengan pemberian kondisi dimana jika panjang argumen adalah 0 maka akan dicetak pemakaian programtulisan “Pemakaian: java NsLookup <hostname>” lalu keluar dari program.  Terdapat pemakaian variabel string dengan nama host yang mana befungsi sebagai media menyimpan nilai array argumen pada indeks 0. Lalu dibuat juga variabel untuk InetAddress bernama address dengan nilai 0. Lalu diberikan error handling yaitu try catch dimana dalam try , variable address akan mengambil nilainya dari host, dan catch akan mengecek jika nama host tidak diketahui maka akan mencetak pesan error kemudian keluar dari program. Disini dibuat array bertipe byte dengan nama ip dan juga terdapat perulangan dengan kondisi di dalamnya , untuk mencetak alamat ip yang didapat. Berikut outputnya.



Listing 5: simpleClient.java dan simpleServer.java
simpleClient.java
simpleServer.java
















Pada program client juga akan melakukan koneksi ke socket 5000 yang disimpan pada variabel REMOTE_PORT sehingga dapat terhubung dengan server. Pada program ini akan mencetak "Masukkan kata kunci: " yang kemudian user diminta untuk melakukan input. Hasil input tersebut kemudian akan dikirimkan ke server dan dilakukan pengecekan dengan kondisi yang ada pada server. Kemudian dari hasil kondisi server tersebut akan dikirimkan lagi ke client dan di cetak "Dari server: " beserta "salam juga" atau "Maaf, saya tidak mengerti", tergantung hasil dari apa yang diinput oleh user tadi. Berikut outputnya.






0 komentar:

Posting Komentar