Pages

Sabtu, 09 April 2016

Privacy Web atau Privacy Policy

Pada artikel sebelumnya saya telah membahas tentang kebijakan web atau web policy. Nah masih berhubungan dengan kebijakan juga, sekarang ada yang namanya kebijakan privasi web atau privacy policy. Hampir mirip dengan web policy, privacy web merupakan
keterbukaan informasi tentang bagaimana suatu website mengumpulkan ataupun mengelola informasi dari pengunjung. Ini juga memberikan kredibilitas dan kepercayaan kepada blog Anda. Banyak program penayangan iklan termasuk Google AdSense meminta privacy policy dari blog Anda sebelum menyetujui pemintaan Anda dalam jaringan iklan mereka.

Image by timesofmalta.com
Kebijakan privasi menjelaskan bagaimana sebuah situs web mengumpulkan, menggunakan, menyingkapkan, memproses dan melindungi informasi pribadi yang teridentifikasi ("Data Pribadi") yang Anda ("Pengguna") dapat berikan sehubungan dengan layanan situs web yang tersedia. Data pribadi berarti data, apakah benar atau tidak, tentang seorang individu yang dapat diidentifikasi dari data tersebut, atau dari data dan informasi lainnya yang aksesnya dimiliki atau mungkin dimiliki organisasi. Referensi ke situs dianggap mencakup turunan daripadanya, termasuk namun tidak harus terbatas pada situs web mobile dan aplikasi. Dengan mengunjungi atau menggunakan situs web, Anda sepakat dan menyetujui pengumpulan, penggunaan, penyingkapan dan pemrosesan data pribadi Anda sesuai dengan Kebijakan Privasi dan/atau Persyaratan Situs Web.

Pengelola web biasanya memperlihatkan halaman privacy kepada pengunjung saat proses sign up (mendaftar) ke website tersebut. Hal ini bertujuan agar pengunjung yang mendaftar percaya dan mempercayakan sepenuhnya data yang mereka berikan kepada website tersebut.



Privacy web dapat berisi beberapa poin, diantaranya adalah tentang penggunaan Log Files, DoubleClick Dart Cookie, Our Advertising Partners, Third Party PrivacyPolicies, Children's Information, Online Privacy policy Only, dan kebijakan privasi lainnya yang dibuat oleh pemilik situs tersebut yang berbeda namun dengan tujuan yang sama dari para pemilik web atau blog.




Source:

Zamzam, Allegiance. 2014. Pengertian dan Fungsi Privacy Policy. Diambil dari: http://www.zallegiance.com/2014/11/pengertian-dan-fungsi-privacy-policy.html


Traveloka. 2015. Kebijakan Privasi. Diambil dari: https://www.traveloka.com/privacypolicy


MADCOMS. 2008. Teknik Mudah Membangun Website dengan HTML, PHP, dan MySQL. Yogyakarta: ANDI.


0 komentar:

Posting Komentar